Qlaf Score – 74%

  • Tampilan 100% 100%
  • Warna 100% 100%
  • Artikulasi 20% 20%
  • Kekokohan 60% 60%
  • Fun 90% 90%

RG Zeta Gundam ini adalah RG yang tante butuh waktu lama untuk ngebuild nya. Kenapa lama? Karena pas sampai badan dan kepalanya, butuh mikir untuk proses pemasangannya. Jadi tertunda terus hahahahaa. Agak ringkih pula, bukan seperti RG-RG pada umumnya yang “kokoh”. Dari skeleton framenya pas mau muter itu berasa geli gimana, karena kan kurus-kurus.

Ini ada alasannya, karena dia bisa transform ke bentuk jet. Bukan jet seperti di RX-78 II ya, itu jetnya terpisah. Kalau Zeta, dianya sendiri yang transform jadi jet.

TAMPILAN RG Zeta ini ganteng 100/100. Detailnya kecil bagian dalam frame nya terlihat semua. Detail RG pada umumnya. Apalagi ditambah backpacknya itu. Menurut tante paling kerena dan pas dibandingkan “flight” backpack yang ada di serian lain.

WARNA 100/100. Separasi warna antara putih dengan abu-abu muda juga ada di kit ini. Warna overall bombastis, persis sama dengan anime.

ARTIKULASI 20/100. Karena Zeta ini lebih suka terbang terus ya kayanya hahaha, jadi artikulasinya jelek banget menurut tante. Kalau sudah di pose in, tampilan memang ok. Tapi Pose nya lebih ngga bisa macam-macam dibandingkan dengan RG lain. Malahan masih ada HG yang artikulasi tekuknya lebih baik daripada RG Zeta ini.

KEKOKOHAN 60/100. Ada salah paham sepertinya jika ada pendapat yang menyatakan bahwa RG Zeta ini ringkih gampang copot. Kalau gampang copot sih ngga. Mungkin itu ball joint nya kurang pas. Karena memang saking tipisnya, kadang untuk menekan balljoint sampai terpasang itu agak serem hehe.

Ringkih nya bukan gampang copot atau joint nya kurang seret, tapi ringkih yang lebih ke arah saking tipis dan kurusnya frame, mau digerakkan itu serem banget, kaya ini salah muter bisa patah T_T. Coba lihat jarak lubang di pundaknya.

WASTED! Mau  nge transform lagi gagal…hahahaha, ngikutin instruksinya malah pusing. Seharusnya jadi nya kaya gitu hahahaha

FUN 90/100. Ngrakit RG Zeta asik banget. Beda dengan RG lain atau HG yang sebenarnya kita udah tahu fase step by step nya (gampang ditebak). RG Zeta ngga bisa kita tebak, karena skeleton frame nya beda total dengan RG pada umumnya.

Saking fun nya, mau transform ke jet nya gagal… hahahahahaha. Instruksinya dewaaaaa.