Qlaf Score – 68%

  • Tampilan 80% 80%
  • Warna 50% 50%
  • Artikulasi 50% 50%
  • Kekokohan 70% 70%
  • Fun 90% 90%

Untuk tipe ini, pertama kali kita mending ngomongin tentang gradenya dulu ya. Yang biasa kita dengar itu High Grade (HG), Real Grade (RG), Master Grade (MG), Perfect Grade, dan bahkan SD (Super Deformed). Lho terus ini 1/100 apa? MG Gitu?

Bukan ya. Grade adalah tingkat detail mulai dari panelling, warna, dan frame nya. Kalau yang 1/100 atau 1/144 itu skala ukurannya.

Jadi 1/100 Full Mechanics ini apa? Skala nya memang 1/100. Tapi karena bukan MG, maka detailnya bukan detail MG. Tapi detail biasa. Jadi Full Mechanics ini bisa diaggap sama kaya NG / RE/100 (Reborn One Hundred). Ga ada skalanya.

Kalo ga ada skalanya? Gimana itu tante? Itu maksudnya, detailnya mirip HG tapi frame / joinnya dikokohin dikit biar bisa berdiri.

Jelas ya sekarang? Hihihi

——-

Ok masuk ke si Rex sendiri. Kalo saya sih walaupun memang 1/100 ini detialnya kaya HG dan harganya lebih mahal, tapi…

Ini Barbatos Lupus Rex men! Bagi yang sudah tamat nonton animenya. Ini pahlawannya! Bentuknya yang garang ga cocok lah kalo dikoleksi pake skala 1/144 HG. 1/100 dong hehe.

Benernya sih, ngejar weaponnya dia, mace (gada) nya dia itu kalo 1/100, wow, keren banget !!

TAMPILAN 80/100.

Keren. Garang. Cakep. Itu langsung kerasa ketika jadi. Tampilan kurus dan lincahnya dapet banget. Persis seperti anime nya. Apalagi cakarnya! Wow!.

Satu sih yang harus aku ingetin. Jika tampilan mau lebih sangar lagi, TAJEMIN MAHKOTA dan KUKUNYA! Jangan dibiarin tumpul. Memang Bandai numpulin sebagai pengaman sih, tapi ga keren banget kalau tumpul. Garangnya ga kelihatan, jadi kaya bukan destroyer hahaha.

Tapi ada bagian yang bagus banget. Yaitu detail frame nya. Kabel, gerigi, dan pistonnya kelihatan. Saran tante sih Qlafers harus cat juga bagian ini! karena kalau dibiarin, si Rex tampak biasa sekali. Kalau udah di cat, wow, indah dia, langsung kelihatan detail “kurus”nya. Bukan “penuh” kaya series RX atau malah Zaku.

WARNA 50/100.

Kalo ngomong warna begitu jadi ya, hanya satu kata : “nggak banget”. Warnanya itu terlalu cerah. Ala EFSF biasanya. Putih, biru, kuning, merah. Lah..itu kalo seri nya RX-78 cocok lah. Kalo ini, ngga banget. Karena di animenya, Barbatos selalu ditampilkan itu suasanya agak gelap. Jadi lebih cocok sebenarnya kalo kuningnya itu kuning tua, ke arah emas.

Nah di foto yang ada, tante customnya warna emas metallic agak digelapin, jadi pas gitu hehe (menurutku lho).

Yang ngga juga adalah kukunya. Di anime kukunya juga kuning. Tapi out of the box juga hitam, ga ada warna sama sekali. Disitu saya merasa sedih. Ya…akhirnya di manicure deh supaya ganteng.

ARTIKULASI 50/100.

Bayangkan HG. Ya seperti itu. Artikulasi paling bagus cuman di bagian tangan dan bahu aja. Sisanya kaku. Bahkan, rok depannya, itu jadi satu. Biasanya kan minimum jadi dua. Bagian tengah ditambah kiri-kanannya yang gabung jadi satu. Kalo ini ngga. Cuman satu dan ditempelin. Haduh, jatuh terus kalo kita pose bagian kaki pas dimajuin.

KEKOKOHAN 70/100.

Bicara tentang kekokohan om Rex, jawabannya adalah tergantung. Tergantung apa? Tergantung 3 posisi pose nya :

(1) Pakai senjata mace (gada) nya yang gede (diarahkan ke TANAH / BAWAH) = bisa berdiri

(2) Pakai senjata mace (gada) nya yang gede (diarahkan ke ATAS / PUNDAK) = tidur dia, alias ambruk, karena joint tangannya ga kuat

(3) Pakai buntut yang disambung kabel itu = jika pasang kabelnya ditekuk-tekuk sampai imbang dengan badan, bisa berdiri

Sisa part-part lainnya sangat solid, kecuali rok depan dan kabel buntut. Lubang yang ada dengan kabel buntut nya ngga pas, jadi dia ga bisa seret. Bisa pakai selotip kertas atau cat kuku bening buat nyeretin kabel ke lubang.

FUN 90/100.

Proses rakit si Rex bisa dibilang sangat cepat ya. Partnya kan besar-besar seperti HG. Jadi setelah frame nya jadi, selang setengah jam gitu badannya udah jadi juga. Sampai sini mungkin kurang seru. Tapi yang seru adalah proses lainnya.

Najemin kuku, najemin mahkota, cat detail piston, kabel. Asik deh.
Rex ini termasuk gundam yang harus Qlafers custom weathering. Kalau bersih-bersih aja, ya ok sih, tapi kurang pas dengan kepribadian Mika yang emang orangnya suka cari ribut. Ga mungkin dong mobile suit nya bersih-bersih aja hehe.